Halo Pembaca yang budiman! Tidak terasa kita akan segera memasuki Bulan Ramadhan yang pasti sangat dinanti oleh seluruh Umat Muslim di seluruh dunia. Bulan mulia ini adalah waktunya berlomba-lomba untuk memperbanyak ibadah agar kita semua menjadi insan yang fitrah dan lebih baik dari sebelumnya. Sayangnya, seringkali kita merasakan berbagai penyebab yang membuat kita menjadi tidak produktif selama Ramadhan, yang tentunya dapat mempengaruhi kualitas ibadah maupun produktivitas kerja. Berbagai penyebab tersebut antara lain adalah merasakan lemas, lelah, mengantuk, sulit berkonsentrasi, haus, lapar, bahkan jatuh sakit. Padahal, kita tahu bahwa banyak sekali manfaat berpuasa, antara lain menyehatkan organ pencernaan karena memberikan waktu istirahat bagi organ tersebut, menstabilkan kadar gula darah, menstabilkan tekanan darah, memperbaiki profil lemak darah (trigliserida, kolesterol, LDL, HDL), membantu untuk menurunkan berat badan, serta memperbaiki metabolisme tubuh.

Untuk mendapatkan manfaat berpuasa dengan optimal, tentunya ada banyak cara yang dapat kita lakukan, yaitu mengatur asupan makanan, perilaku, serta pola aktivitas. Keluhan lemas, lelah, sulit konsentrasi, dan mengantuk, umumnya disebabkan karena kurang atau terlalu banyak tidur, tidak sahur atau terlalu sedikit porsi sahur, ataupun sedang mengalami sakit. Meski demikian terdapat pula penyebab spesifiknya yang sering tidak kita sadari ataupun tidak kita ketahui, yaitu kekurangan cairan (dehidrasi), kekurangan elektrolit tubuh, kekurangan vitamin dan mineral, pola makan tidak tepat, dan metabolisme tubuh yang terganggu.

Pada dasarnya, selama kondisi tubuh kita sehat dan memiliki metabolisme yang baik, kita akan tetap sehat dan produktif selama bulan puasa. Oleh karena itu, sangat penting untuk melakukan pemeriksaan kondisi kesehatan secara rutin khususnya menjelang bulan puasa agar dapat menjalankan ibadah serta tetap produktif selama berpuasa. Selain itu, pemeriksaan analisis komposisi tubuh dan profil risiko genetik terkait nutrisi, saat ini juga sudah dikembangkan agar kita dapat mengetahui pola makan dan kebutuhan nutrisi saat berpuasa maupun tidak berpuasa yang tepat agar selalu sehat dan produktif dalam berbagai kondisi. Beberapa tips lain agar selalu sehat dan produktif selama bulan puasa adalah tidur cukup, menghindari makan-makanan cepat saji, memperbanyak makanan tinggi nutrisi, dan sekali lagi jangan lupa melakukan cek untuk kondisi kesehatan dan melakukan konseling gizi agar kebutuhan nutrisi harian Anda akan optimal.

Sebagai penutup, mohon maaf lahir dan batin, selamat menjalankan ibadah puasa.

Salam Sehat,

Dr. Putri Adimukti, M.Kes, M.Farm, Sp.GK

Leave a reply