Kebutuhan akan pelayanan kesehatan bagi masyarakat di dunia pada umumnya dan masyarakat Indonesia pada khususnya merupakan suatu kebutuhan dasar layaknya sandang, pangan, dan papan. Banyaknya berbagai macam penyakit yang timbul dewasa ini, membuat perhatian

Pemerintah untuk membantu masyarakat luas dapat dengan mudah mendapatkan layanan kesehatan yang komprehensif dan terjangkau sebagai bentuk hadirnya kepedulian negara di tengah-tengah masyarakat.

Perubahan paradigm sehat di masyarakat membuat kepedulian masyarakat terhadap berbagai macam penyakit menjadi meningkat. Mereka umumnya mencari informasi-informasi dan layanan kesehatan sejak dini ke fasilitas-fasilitas kesehatan terdekat.

Untuk mendukung program tersebut, maka Pemerintah menciptakan system kebijakan kesehatan yang menyeluruh dari kalangan atas sampai bawah guna membantu masyarakat luas lebih mudah mendapatkan pelayanan kesehatan di faskes-faskes yang memadai melalui program layanan BPJS Kesehatan.

Dalam  rangka mendukung program pemerintah tersebut, maka RSU Sahid Sahirman yang merupakan rumah sakit umum tipe B membuka layanan BPJS Kesehatan untuk masyarakat  sekitar Jakarta Pusat pada khususnya, dan masyarakat diluar Jakarta Pusat pada umumnya. Adapun layanan BPJS yang dapat dilayani di RSU Sahid Sahirman antara lain : Urologi, Orthopaedi, Penyakit Dalam, Bedah Umum, Syaraf, Obstetri dan Ginekologi, Mata, THT, penyakit Jantung dan Haemodialisa.

Acara ini dibukan dengan laporan Ketua Panitia yaitu Dr. Riyo Kristian Utomo, MH. Kes yang dilanjutkan oleh sambutan dari Chief Executive Officer RSU Sahid Sahirman yang baru yakni DR. Dr. Taufik Jamaan, SpOG. Turut hadir dalam acara tersebut yaitu Direktur Utama PT. Sahid Shairman Memorial Hospital (SSMH) yaitu Ibu Exacty B. Sryantoro, MBA.

Membawakan materi Sindrom Koroner Akut yaitu Dr. Vidya Gilang R, SpJP, kajian dan pengupasan materi yang menarik, sehingga menyebabkan banyaknya pertanyaan yang diajukan dari peserta seminar.

Dilanjutkan oleh pembahasan mengenai Osteoarthritis yang disampaikan oleh Dr. R. M. Tjahja Nurrobi, M. Kes, SpOT dengan logat Jawanya yang masih sangat kental dengan candaan yang khas, para peserta seminar dibuat tertawa sambil mengikuti materi seminar.

Pada sesi Kesehatan Wanita, Dr. Beeleonie, SpOG mengupas mengenai Gangguan Menstruasi dan akibatnya pada Kesuburan Wanita. Salah satu dokter andalah bayi tabung RSU Sahid Sahirman ini menyampaikan materi dengan sangat lugas dan lantang, pun banyak candaan-candaan yang diselipkan di setiap pengupasan masalah yang memecah suasana penuh dengan keriaan.

Narasumber ke 4 yang menyampaikan materi yaitu Dr. Andre Yudha, SpU. Beliau membawakan materi yang berjudul Benign Prostate Hyperplasia atau lebih dikenal dengan Pembesaran Prostat Jinak yang diminati hampir semua peserta laki-laki pada hari itu.

Seluruh materi yang disampaikan saat seminar dimaksudkan untuk acara pamungkas yaitu Sosialisasi Pelayanan BPJS Kesehatan Ke Faskes Pertama (FKTP) ke Faskes Kesehatan Tingkat Lanjutan (FKTL) yang disampaikan oleh Dr. Rizal Ashari dari BPJS Kesehatan yang diserbu dengan berbagai pertanyaan terkait pelayanan BPJS Kesehatan dari FKTP ke FKTL-nya dalam hal ini adalah RSU Sahid Sahirman.

Semoga dengan dibukanya system layanan kesehatan tersebut, dapat memberikan pelayanan kesehatan bagi masyarakat luas untuk datang berobat ke rumah sakit-rumah sakit tipe B atau rumah sakit-rumah sakit tipe A, bukan hanya untuk kalangan menengah atas saja, melainkan masyarakat menengah ke bawah pun bisa mendapatkan layanan kesehatan yang sama.

Akhir kata, terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu mensukseskan acara Seminar & Sosialisasi dengan tema RSU Sahid Sahirman Mendukung Pelayanan BPJS Kesehatan melalui Pelayanan Urologi, Jantung, Orthopaedi dan Kesehatan Wanita. Kami menaruh harapan besar, semoga RSU Sahid Sahirman dapat melayani pasien rujukan BPJS dengan baik dan optimal.

 

Leave a reply