Halo Pembaca yang Budiman. Kali ini kita membahas tentang mitos atau fakta bahwa minum air lemon dan madu di pagi hari baik untuk kesehatan. Untuk membahas hal tersebut, perlu kita ketahui terlebih dahulu manfaat air lemon dan madu untuk kesehatan. Air lemon adalah air yang ditambahkan perasan jeruk lemon. Lemon memang memiliki manfaat untuk tubuh karena sifat-sifat dan kandungan yang dimilikinya.

Lemon, tentu saja merupakan sumber Vitamin C  dan kalium yang penting untuk tubuh. Vitamin C memproteksi dan memperbaiki jaringan tubuh dari kerusakan. Kalium adalah mineral yang berperan banyak dalam metabolisme tubuh. Sifat asam dari lemon membantu aktivasi enzim-enzim pencernaan untuk memecah makanan di dalam lambung. Apabila Anda rutin mengonsumsi air lemon di pagi hari, maka ini akan membentuk kebiasaan baru yang baik.

Segelas air lemon yang ditambahkan dengan setengah perasan jeruk lemon kira-kira hanya mengandung energi sebesar 6 kilokalori, tentu saja ini dapat membantu Anda memangkas energi harian Anda dan menurunkan berat badan daripada mengonsumsi segelas kopi manis di pagi hari. Lemon juga mengandungphytonutrients yang memiliki sifat antioksidan untuk menangkal radikal bebas yang dapat menyebabkan kerusakan tubuh. Air lemon, dikatakan dapat mencegah pembentukan batu ginjal karena kandungan asam sitrat yang dimilikinya. Selain itu, tentu saja dengan mengonsumsi air lemon dapat menambah asupan air harian Anda dan membuat Anda tetap terhidrasi.

Bagaimana dengan madu? Madu telah lama diketahui khasiatnya untuk kesehatan antara lain memiliki sifat anti bakteri, anti inflamasi, dan membantu penyembuhan luka. Dengan menambahkan 1 sendok teh madu ke dalam air lemon maka khasiat dan energinya akan bertambah. Lalu apakah harus diminum di pagi hari? Untuk mendapatkan khasiat dari air lemon dan madu, Anda dapat mengonsumsinya kapan saja, dengan jumlah yang tidak berlebihan, tidak harus setiap hari, serta tidak harus di pagi hari. Anda dapat mengonsumsinya di siang ataupun sore hari. Jadi, minum air lemon dan madu di pagi hari baik untuk kesehatan adalah fakta. Selama tidak mengonsumsinya dengan tidak berlebihan dan tetap memperhatikan kecukupan asupan air harian Anda. Jangan lupa untuk menjalankan pola hidup dan diet sehat serta memeriksakan kondisi kesehatan Anda secara teratur. Salam Sehat!

Disclaimers: Artikel ini bertujuan untuk memberikan informasi secara umum. Isi/pendapat/saran dalam artikel ini tidak menggantikan diagnosis medis pribadi/saran/pengobatan/pemeriksaan personal dengan dokter pribadi.

Oleh: dr. Putri Adimukti, M.Kes, M.Farm, Sp.GK

Dokter Spesialis Gizi Klinik RS. Sahid Sahirman Jakarta Pusat

Leave a reply